Monday, 3 November 2014
Tahniah buat PAHANG...
Pahang Melangkah Ke Final Buat Kali ke-3
Tahniah buat Pahang selepas mengalahkan Johor Darul Takzim pada peringkat separuh akhir dalam saingan Piala Malaysia. Dengan kemenangan ini, Pahang sudah melangkah ke final buat kali ke-3 berturut-turut.
KEJAYAAN menjulang Piala FA buat kali pertama selepas lapan tahun tanpa trofi pada Jun lalu masih belum cukup untuk melengkapkan koleksi kemenangan pasukan Pahang musim ini.
Berikutan itu, pemain-pemain skuad Tok Gajah ingin meneruskan rentak garang mereka dengan mara ke separuh akhir Piala Malaysia buat kali kedua berturut-turut.
Anak buah bekas pemenang Kasut Emas Liga Malaysia 1992, Zainal Abidin Hassan ini seolah-olah sukar untuk dihalang selepas menewaskan Polis Diraja Malaysia (PDRM) secara agregat 3-2 pada saingan suku akhir Ahad lalu.
Turun sebagai juara bertahan selepas mengakhiri kemarau trofi Piala Malaysia selama 21 tahun musim lalu, kini skuad Tok Gajah pastinya mahu mempertahankan gelaran itu.
Menurut Zainal Abidin, sukar untuk menjangkakan perlawanan bertemu Kedah pada Ahad ini memandangkan empat pemainnya tidak dapat beraksi.
“Antaranya Dickson Dwakaeme dan Damion Steward kerana digantung perlawanan.
“Bagaimana pun saya telah mengkaji dan membuat percaturan baharu dengan menggantikan posisi mereka dengan pemain tempatan. “Walaupun sedikit terkilan tanpa aksi dua pemain import ini, saya tetap yakin pemain-pemain lain boleh melakukan tugas dengan baik dan mereka telah membuktikan pada perlawanan sebelum ini.
“Kami juga perlu berhati-hati dengan pasukan Kedah, memandangkan prestasi mereka melonjak naik sejak kebelakangan ini,” jelasnya kepada mStar Online.
Dalam masa sama, Zainal Abidin mengakui perlawanan ini penting bagi mempertahankan trofi juara berada di Pahang.“Kami akan cuba yang terbaik untuk melengkapkan lagi rekod kejayaan Pahang tahun ini selepas menjuarai Piala FA
Tahniah buat Rozita Che Wan dan Zain...
Alhamdulillah. Memang betullah orang kata bahawa anak itu pembawa rezeki. Belum pun dilahirkan, anak sulung Che Ta dan Zain telah pun memberikan rezeki yang tak terhingga kepada pasangan suami isteri ini. Mana tidaknya, Hospital Ampang Puteri telah bersetuju untuk menaja sepenuhnya proses kelahiran anak dalam kandungan Che Ta. Tajaan tersebut termasuk urusan di bilik bersalin, diberikan bilik penginapan serta rawatan dan layanan kelas A secara percuma.
Kalau beranak di hospital swasta ini memang boleh cecah 5 angka. Lebih-lebih lagi kalau melahirkan anak secara pembedahan. Dengan tajaan daripada Hospital Ampang Puteri ini, sedikit sebanyak pasti dapat menjimatkan belanja Che Ta dan Zain. Ada orang nak taja macam ini pun pasti tak akan tolak punye Iyerlah boleh dapat percuma siapa tak nak kan? Memang rezeki anak sungguh..Namun, apa-apa pon tahniah buat Che Ta sebab dapat kurniaan ALLAH yang sangat COMMEELLL...
Anak ni bila dah besar ni..SOKMO ensemmmm.....
Teori fungsionalisme oleh Auguste Comte..
The Father of Sociologies "AUGUSTE COMTE"
BAPAK SOSIOLOGI DUNIAAuguste Comte dikenal sebagai
bapak pendiri aliran positivisme dalam ilmu-ilmu sosial. Auguste Comte
lahir pada tanggal 19 Januari 1798 di Montpelir, Prancis. Tahun 1814 ia
masuk sekolah politeknik di Paris. Di tempat ini Comte belajar ilmu-ilmu
eksak. Selanjutnya untuk melengkapi pelajaran di politeknik, serta
untuk memperoleh latar belakang ensiklopedia yang kuat, ia belajar
biologi dan sejarah. Selama beberapa tahun Comte menjadi sekretaris
seorang bangsawan Perancis, Heri de Saint Simon. Henri de Saint Simon
sangat giat dalam bidang yang berhubungan dengan masalah-masalah sosial
yang timbul akibat industri yang berkembang pada waktu itu. Ia sangat
berpengaruh terhadap pemikiran Comte mengenai masalah sosial.
Auguste Comte dikenal sebagai The Father of Sociology karena sumbangannya dalam memperkenalkan istilah sosiologi dalam bukunya yang berjudul Cours de Philosophy Positive. Beliau berpendapat bahwa sejarah manusia adalah mengikuti satu susunan yang mematuhi hukum tertentu. Evolusi masyarakat akan disertai dengan kemajuan yang mewujudkan perkembangan intelektual. Comte dikenal karena telah memperkenalkan hukum Law of Human Progress.
Dalam bukunya yang berjudul Cours de Philosophy Positive yang terdiri atasa enam jilid, ia mengemukakan pendapatnya tentang perkembangan pikiran manusia yan terdiri dari tiga tahap. Pertama, tahap teologis, yaitu pengetahuan manusia yang didasarkan pada kepercayaan akan adanya penguasa adikorati yang mengatur dan menggerakkan gejala-gejala alam. Kedua, tahap metafisis yaitu pengetahuan manusia mendasar pada konsep-konsep dan prinsip-prinsip abstrak yang menggantikan kedudukan kuasa-kuasa adikodrati. Metafisika merupakan pengetahuan puncak masa ini. Ketiga, tahap positif, yaitu pengetahuan manusia berdasar atas fakta-fakta. Berdasar observasi dan dengan menggunakan rasionya manusia pada tahap positif ini dapat menentukan relasi-relasi persamaan dan atau urutan yang terdapat pada fakta-fakta. Pengetahuan positif adalah pengetahuan yang tertinggi kebenarannya yang dicapai oleh manusia.
Pada akhir hidupnya Comte berusaha untuk membangun agama baru diatas dasar filsafaat positifnya dengan semboyan : cinta sebagai prinsip, teratur sebagai basis, kemajuan sebagai tujuan. Gagasan agama baru itu dituliskan Comte dalam bukunya : Politique Positive ou Traite de Sociologie, Instituant la Religion de l’humanite. Auguste Comte meninggal dunia pada tanggal 5 September 1857.
ANALISA TERHADAP TERHADAP PARAGRAF-PARAGRAF YANG TERDAPAT DALAM KARANGAN DESKRIPSI BERJUDUL “Auguste Comte, Bapak Sosiologi”
Secara keseluruhan, karangan tersebut adalah karangan deskripsi, sebab:
1.Memenuhi karakteristik karangan deskripsi, yaitu mampu membawa pembaca untuk memahami dan menghayati isi wacana sesuai dengan apa yang diungkapkan penulis. Pembaca dibawa oleh penulis untuk mengenali sosok Auguste Comte dengan segenap perjalanan hidupnya.
2.Mengikuti salah satu pola pendekatan deskripsi yaitu pendekata ekspositoris, yaitu pendekatan yang mengusahakan agar deskripsi yang dibuat sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Karangan diatas berisikan daftar detail tentan Auguste Comte secara lengkap.
3.Merupakan salah satu jenis/macam deskripsi yaitu deskripsi orang dan deskripsi gagsan tokoh yang sedang dibahas.er of Socilogies.
Auguste Comte dikenal sebagai The Father of Sociology karena sumbangannya dalam memperkenalkan istilah sosiologi dalam bukunya yang berjudul Cours de Philosophy Positive. Beliau berpendapat bahwa sejarah manusia adalah mengikuti satu susunan yang mematuhi hukum tertentu. Evolusi masyarakat akan disertai dengan kemajuan yang mewujudkan perkembangan intelektual. Comte dikenal karena telah memperkenalkan hukum Law of Human Progress.
Dalam bukunya yang berjudul Cours de Philosophy Positive yang terdiri atasa enam jilid, ia mengemukakan pendapatnya tentang perkembangan pikiran manusia yan terdiri dari tiga tahap. Pertama, tahap teologis, yaitu pengetahuan manusia yang didasarkan pada kepercayaan akan adanya penguasa adikorati yang mengatur dan menggerakkan gejala-gejala alam. Kedua, tahap metafisis yaitu pengetahuan manusia mendasar pada konsep-konsep dan prinsip-prinsip abstrak yang menggantikan kedudukan kuasa-kuasa adikodrati. Metafisika merupakan pengetahuan puncak masa ini. Ketiga, tahap positif, yaitu pengetahuan manusia berdasar atas fakta-fakta. Berdasar observasi dan dengan menggunakan rasionya manusia pada tahap positif ini dapat menentukan relasi-relasi persamaan dan atau urutan yang terdapat pada fakta-fakta. Pengetahuan positif adalah pengetahuan yang tertinggi kebenarannya yang dicapai oleh manusia.
Pada akhir hidupnya Comte berusaha untuk membangun agama baru diatas dasar filsafaat positifnya dengan semboyan : cinta sebagai prinsip, teratur sebagai basis, kemajuan sebagai tujuan. Gagasan agama baru itu dituliskan Comte dalam bukunya : Politique Positive ou Traite de Sociologie, Instituant la Religion de l’humanite. Auguste Comte meninggal dunia pada tanggal 5 September 1857.
ANALISA TERHADAP TERHADAP PARAGRAF-PARAGRAF YANG TERDAPAT DALAM KARANGAN DESKRIPSI BERJUDUL “Auguste Comte, Bapak Sosiologi”
Secara keseluruhan, karangan tersebut adalah karangan deskripsi, sebab:
1.Memenuhi karakteristik karangan deskripsi, yaitu mampu membawa pembaca untuk memahami dan menghayati isi wacana sesuai dengan apa yang diungkapkan penulis. Pembaca dibawa oleh penulis untuk mengenali sosok Auguste Comte dengan segenap perjalanan hidupnya.
2.Mengikuti salah satu pola pendekatan deskripsi yaitu pendekata ekspositoris, yaitu pendekatan yang mengusahakan agar deskripsi yang dibuat sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Karangan diatas berisikan daftar detail tentan Auguste Comte secara lengkap.
3.Merupakan salah satu jenis/macam deskripsi yaitu deskripsi orang dan deskripsi gagsan tokoh yang sedang dibahas.er of Socilogies.
Secara umumya Aguste Comte telah mengasaskan teori fungsionalis ini tetapi teori ini lebih digunakan oleh Herbert Spencer.
Fungsionalisme struktural adalah sebuah sudut pandang luas dalam sosiologi dan antropologi yang berupaya menafsirkan masyarakat sebagai sebuah struktur
dengan bagian-bagian yang saling berhubungan. Fungsionalisme
menafsirkan masyarakat secara keseluruhan dalam hal fungsi dari
elemen-elemen konstituennya; terutama norma, adat, tradisi dan institusi. Sebuah analogi umum yang dipopulerkan Herbert Spencer menampilkan bagian-bagian masyarakat ini sebagai "organ" yang bekerja demi berfungsinya seluruh "badan" secara wajar.
Dalam arti paling mendasar, istilah ini menekankan "upaya untuk
menghubungkan, sebisa mungkin, dengan setiap fitur, adat, atau praktik,
dampaknya terhadap berfungsinya suatu sistem yang stabil dan kohesif."
Bagi Talcott Parsons, "fungsionalisme struktural" mendeskripsikan suatu tahap tertentu dalam pengembangan metodologis ilmu sosial, bukan sebuah mazhab pemikiran.
Fungsionalisme adalah sebuah studi tentang operasi mental, mempelajari
fungsi-fungsi kesadaran dalam menjembatani antara kebutuhan manusia dan
lingkungannya. Fungsionalisme menekankan pada totalitas dalam hubungan pikiran
and perilaku. Dengan demikian, hubungan antar manusia dengan lingkungannya
merupakan bentuk manifestasi dari pikiran dan perilaku.
Dalam salah satu bentuknya, fungsionalisme yang diterangkan oleh David
Kaplan dan Robert A. Manners dalam Teori Budaya, adalah penekanan
dominan dalam studi antropologi khususnya penelitian etnografis, selama
beberapa dasawarsa silam. Dalam fungsionalisme ada kaidah yang bersifat
mendasar bagi suatu antropologi yang berorientasi pada teori, yakni diktum
metodologis bahwa kita harus mengeksplorasi sistem sistemik budaya. Artinya,
kita harus mengetahui bagaimana perkaitan antara institusi-institusi atau
struktur-struktur suatu masyarakat sehingga membentuk suatu sistem yang bulat.
Kemungkinan lain ialah memandang budaya sebagai sehimpun ciri yang berdiri
sendiri, khas dan tanpa kaitan, yang muncul disana-sini karena kebetulan
historis (Kaplan & Manners, 2002).
Dalam tafsir fungsionalis, fungsionalisme adalah metodologi untuk
mengeksplorasi saling ketergantungan. Di samping itu para fungsionalis juga
menyatakan bahwa fungsionalisme merupakan teori tentang proses kultural.
Fungsionalisme sebagai perspektif teoretik dalam antropologi bertumpu
pada analogi dengan organisme. Artinya, ia membawa kita memikirkan sistem
sosial-budaya sebagai semacam organisme, yang bagian-bagiannya tidak hanya
saling berhubungan melainkan juga memberikan andil bagi pemeliharaan,
stabilitas, dan kelestarian hidup organisme itu. dengan demikian dasar semua
penjelasan fungsional ialah asumsi (terbuka atau tersirat) bahwa semua sistem
budaya memiliki syarat-syarat fungsional tertentu untuk memungkinkan
eksistensinya. Jadi, sistem budaya memiliki kebutuhan yang semuanya harus
dipenuhi agar sistem itu dapat hidup.
Aliran fungsionalisme menganggap bahwa untuk melakukan sebuah tindakan
atau lakuan diperlukan sebuah prosedur berpikir, cukup kompleks, dan jangka
panjang. Terhadap apa-apa yang akan dilakukan tersebut, sudah memiliki kerangka
berpikir. Aliran ini sangat melihat adanya faktor internal dan eksternal atas
diri orangnya. Pendapat-pandapat tersebut sudah sejalan dengan pendapat para
tokoh.
Nama lengkap Auguste Comte adalah
Isidore Auguste Marie Francois Xavier. Beliau adalah filsuf dan ilmuwan
sosial terkemuka yang sangat berjasa dalam perkembangan ilmu
kemasyarakatan atau sosiologi. Comte lahir di kota Montpellier di
Perancis selatan dari keluarga kelas menengah konservatif. Comte
menerima didikan ilmiah yang baik di Ecole Polythecnique di Paris,
sebuah pusat pendidikan berhaluan liberal.
Comte mencetuskan suatu sistem ilmiah yang kemudian melahirkan ilmu pengetahuan baru, yaitu sosiologi. Pandangan Comte atas sosiologi sangat pragmatis. Ia berpendapat bahwa sesungguhnya analisis untuk membedakan "statika" dan "dinamika" sosial , serta analisa masyarakat sebagai suatu sistem yang saling tergantung haruslah didasarkan pada konsensus. Paradigma Fungsionalis dan paradigma ilmiah alamiah yang dirumuskan oleh Comte tetap memberi warna menonjol dalam sosiologi saat ini.
Auguste Comte dengan bukunya "Course de Philosophie Positive" menerangkan bahwa pendekatan-pendekatan umum untuk mempelajari masyarakat harus melalui urutan-urutan tertentu yang kemudian akan sampai pada tahap akhir yaitu tahap ilmiah.
Auguste Comte disebut sebagai Bapak Sosiologi karena dialah yang pertama kali memakai istilah sosiologi dan mengkaji sosiologi secara sistematis, sehingga ilmu tersebut melepaskan diri dari filsafat dan berdiri sendiri sejak pertengahan abad ke-19 (1856).
- See more at: http://gudang-biografi.blogspot.com/2010/03/biografi-auguste-comte-1798-1857-bapak.html#sthash.R4QTU6rk.dpuf
Comte mencetuskan suatu sistem ilmiah yang kemudian melahirkan ilmu pengetahuan baru, yaitu sosiologi. Pandangan Comte atas sosiologi sangat pragmatis. Ia berpendapat bahwa sesungguhnya analisis untuk membedakan "statika" dan "dinamika" sosial , serta analisa masyarakat sebagai suatu sistem yang saling tergantung haruslah didasarkan pada konsensus. Paradigma Fungsionalis dan paradigma ilmiah alamiah yang dirumuskan oleh Comte tetap memberi warna menonjol dalam sosiologi saat ini.
Auguste Comte dengan bukunya "Course de Philosophie Positive" menerangkan bahwa pendekatan-pendekatan umum untuk mempelajari masyarakat harus melalui urutan-urutan tertentu yang kemudian akan sampai pada tahap akhir yaitu tahap ilmiah.
Auguste Comte disebut sebagai Bapak Sosiologi karena dialah yang pertama kali memakai istilah sosiologi dan mengkaji sosiologi secara sistematis, sehingga ilmu tersebut melepaskan diri dari filsafat dan berdiri sendiri sejak pertengahan abad ke-19 (1856).
- See more at: http://gudang-biografi.blogspot.com/2010/03/biografi-auguste-comte-1798-1857-bapak.html#sthash.R4QTU6rk.dpuf
Nama lengkap Auguste Comte adalah
Isidore Auguste Marie Francois Xavier. Beliau adalah filsuf dan ilmuwan
sosial terkemuka yang sangat berjasa dalam perkembangan ilmu
kemasyarakatan atau sosiologi. Comte lahir di kota Montpellier di
Perancis selatan dari keluarga kelas menengah konservatif. Comte
menerima didikan ilmiah yang baik di Ecole Polythecnique di Paris,
sebuah pusat pendidikan berhaluan liberal.
Comte mencetuskan suatu sistem ilmiah yang kemudian melahirkan ilmu pengetahuan baru, yaitu sosiologi. Pandangan Comte atas sosiologi sangat pragmatis. Ia berpendapat bahwa sesungguhnya analisis untuk membedakan "statika" dan "dinamika" sosial , serta analisa masyarakat sebagai suatu sistem yang saling tergantung haruslah didasarkan pada konsensus. Paradigma Fungsionalis dan paradigma ilmiah alamiah yang dirumuskan oleh Comte tetap memberi warna menonjol dalam sosiologi saat ini.
Auguste Comte dengan bukunya "Course de Philosophie Positive" menerangkan bahwa pendekatan-pendekatan umum untuk mempelajari masyarakat harus melalui urutan-urutan tertentu yang kemudian akan sampai pada tahap akhir yaitu tahap ilmiah.
Auguste Comte disebut sebagai Bapak Sosiologi karena dialah yang pertama kali memakai istilah sosiologi dan mengkaji sosiologi secara sistematis, sehingga ilmu tersebut melepaskan diri dari filsafat dan berdiri sendiri sejak pertengahan abad ke-19 (1856).
- See more at: http://gudang-biografi.blogspot.com/2010/03/biografi-auguste-comte-1798-1857-bapak.html#sthash.R4QTU6rk.dpuf
Comte mencetuskan suatu sistem ilmiah yang kemudian melahirkan ilmu pengetahuan baru, yaitu sosiologi. Pandangan Comte atas sosiologi sangat pragmatis. Ia berpendapat bahwa sesungguhnya analisis untuk membedakan "statika" dan "dinamika" sosial , serta analisa masyarakat sebagai suatu sistem yang saling tergantung haruslah didasarkan pada konsensus. Paradigma Fungsionalis dan paradigma ilmiah alamiah yang dirumuskan oleh Comte tetap memberi warna menonjol dalam sosiologi saat ini.
Auguste Comte dengan bukunya "Course de Philosophie Positive" menerangkan bahwa pendekatan-pendekatan umum untuk mempelajari masyarakat harus melalui urutan-urutan tertentu yang kemudian akan sampai pada tahap akhir yaitu tahap ilmiah.
Auguste Comte disebut sebagai Bapak Sosiologi karena dialah yang pertama kali memakai istilah sosiologi dan mengkaji sosiologi secara sistematis, sehingga ilmu tersebut melepaskan diri dari filsafat dan berdiri sendiri sejak pertengahan abad ke-19 (1856).
- See more at: http://gudang-biografi.blogspot.com/2010/03/biografi-auguste-comte-1798-1857-bapak.html#sthash.R4QTU6rk.dpuf
Teori Karl Marx pembelajaran SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI..
Biodata
Nama: Karl Heinrich Marx
Tarikh lahir: 5 May 1818
Tarikh kematian: 14 March 1883
Walaupun Marx menangani banyak isu sepanjang kerjayanya sebagai pemberita
dan ahli falsafah, dia paling dikenali kerana analisa sejarahnya dari
segi pertelingkahan golongan kelas, diringkaskan dalam dakwaannya
bahawa, "Kepentingan kapitalis dan pekerja bergaji bersetentangan sesama sendiri."[1] Tulisannya membentuk asas kepada pergerakan komunis dan sosialis.Teori
perubahan social dan budaya Karl Marx yang merumuskan bahwa perubahan
social dan budaya sebagai produk dari sebuah produksi (materialism),
sedangkan Max weber lebih pada system gagasan, system pengetahuan,
system kepercayaan yang justru menjadi sebab perubahan. Jika
dua pandangan itu digunakan sebagai asas dalam pengembangan program
Pendidikan Nonformal, akan memberikan dampak untung dan rugi, secara
literature hal tersebut disebabkan oleh:
Walaupun Marx menulis tentang banyak hal semasa
hidupnya, ia paling terkenal atas analisisnya terhadap sejarah, terutama
mengenai pertentangan kelas, yang dapat diringkas sebagai "Sejarah dari
berbagai masyarakat hingga saat ini pada dasarnya adalah sejarah
tentang pertentangan kelas", sebagaimana yang tertulis dalam kalimat
pembuka dari Manifesto Komunis.
Menurut
Douglas (1973), mikrososiologi mempelajari situasi sedangkan
makrososiologi mempelajari struktur. George C. Homans yang mempelajari
mikrososiologi mengaitkan struktur dengan perilaku sosial elementer
dalam hubungan sosial sehari-hari, sedangkan Gerhard Lenski lebih
menekankan pada struktur masyarakat yang diarahkan oleh kecenderungan
jangka panjang yang menandai sejarah. Talcott Parsons yang bekerja pada
ranah makrososiologi menilai struktur sebagai kesalingterkaitan antar
manusia dalam suatu sistem sosial. Coleman melihat struktur sebagai pola
hubungan antar manusia dan antar kelompok manusia atau masyarakat.
Kornblum (1988) menyatakan struktur merupakan pola perilaku berulang
yang menciptakan hubungan antar individu dan antar kelompok dalam
masyarakat.
Mengacu pada pengertian struktur sosial menurut Kornblum yang
menekankan pada pola perilaku yang berulang, maka konsep dasar dalam
pembahasan struktur adalah adanya perilaku individu atau kelompok.
Perilaku sendiri merupakan hasil interaksi individu dengan lingkungannya
yang didalamnya terdapat proses komunikasi idea dan negosiasi.
Pembahasan mengenai struktur sosial oleh Ralph Linton dikenal adanya
dua konsep yaitu status dan peran. Status merupakan suatu kumpulan hak
dan kewajiban, sedangkan peran adalah aspek dinamis dari sebuah status.
Menurut Linton (1967), seseorang menjalankan peran ketika ia menjalankan
hak dan kewajiban yang merupakan statusnya. Tipologi lain yang
dikenalkan oleh Linton adalah pembagian status menjadi status yang
diperoleh (ascribed status) dan status yang diraih (achieved status).
Status yang diperoleh adalah status yang diberikan kepada individu
tanpa memandang kemampuan atau perbedaan antar individu yang dibawa
sejak lahir. Sedangkan status yang diraih didefinisikan sebagai status
yang memerlukan kualitas tertentu. Status seperti ini tidak diberikan
pada individu sejak ia lahir, melainkan harus diraih melalui persaingan
atau usaha pribadi.
Social
inequality merupakan konsep dasar yang menyusun pembagian suatu
struktur sosial menjadi beberapa bagian atau lapisan yang saling
berkait. Konsep ini memberikan gambaran bahwa dalam suatu struktur
sosial ada ketidaksamaan posisi sosial antar individu di dalamnya.
Terdapat tiga dimensi dimana suatu masyarakat terbagi dalam suatu
susunan atau stratifikasi, yaitu kelas, status dan kekuasaan. Konsep
kelas, status dan kekuasaan merupakan pandangan yang disampaikan oleh
Max Weber (Beteille, 1970).
Kelas
dalam pandangan Weber merupakan sekelompok orang yang menempati
kedudukan yang sama dalam proses produksi, distribusi maupun
perdagangan. Pandangan Weber melengkapi pandangan Marx yang menyatakan
kelas hanya didasarkan pada penguasaan modal, namun juga meliputi
kesempatan dalam meraih keuntungan dalam pasar komoditas dan tenaga
kerja. Keduanya menyatakan kelas sebagai kedudukan seseorang dalam
hierarkhi ekonomi. Sedangkan status oleh Weber lebih ditekankan pada
gaya hidup atau pola konsumsi. Namun demikian status juga dipengaruhi
oleh banyak faktor, seperti ras, usia dan agama (Beteille, 1970).
Tips Penjagaan Telur
Tip khusus anak JANTAN...!!!
PASTIKAN ‘TELUR’ SEJUK
Jangan sesekali meletakkan komputer riba di atas paha anda. Menurut kajian Fertility and Sterility Study, suhu panas komputer riba akan mengganggu penghasilan sperma yang berkualiti. Kata pakar urologi, Larry Lipshultz, M.D., eloklah komputer riba diletakkan di atas meja jika anda mahu menggunakannya.TIDUR UNTUK JAGA ‘KANTUNG’
Kurang tidur akan merembeskan hormon stres. Sekali gus ia akan mengurangkan penghasilan sperma kata Tobias Kohler, M.D., M.P.H., F.A.C.S., seorang profesor bidang urologi di Universiti Illinoiis Selatan.
PERHATIKAN SAIZ ‘TELUR’
Menurut Journal of Sexual Medicine, lelaki yang berusia mempunyai ‘telur’ dengan ukur lilit lebih kurang 20 milimeter atau lebih berhadapan dengan risiko serangan jantung. Dalam jurnal itu disebut, kerosakan pembuluh darah menyebabkan saiz testis berubah. Oleh itu, anda perlu perhatikan saiz ‘telur’ anda selalu.
USAH TERBURU-BURU
Proses vasektomi tidak menyebabkan masalah ED mengikut sebuah jurnal kesihatan seksual di Amerika Syarikat. Jika anda melakukan hubungan seks dalam tempoh 72 jam selepas proses ini boleh menyebabkan rasa sakit, senak atau pendarahan.
TELEFON BIMBIT DALAM SELUAR
Banyak kajian yang berjaya membuktikan telefon bimbit tidak elok untuk kesihatan ‘telur’ anda. Seeloknya, jauhkan telefon bimbit daripada anda terutamanya pada waktu tidur. Haaa... Ubahlah tabiat suka menyimpan telefon bimbit dalam poket hadapan seluar anda.
BAHAYA URAT MENGEMBANG
Jika urat dalam skrotum anda mengembang, ia boleh menyebabkan pengecutan testis atau kemandulan. Aduh, bahaya! Oleh sebab itu, anda tidak dibenarkan untuk terus membersihkan zakar sebaik selepas memancutkan air mani.
Sekian, kepada kaum Adam jagalah kesihatan anda. Keep watche your testical...
Sunday, 2 November 2014
Tips penjagaan rambut yang panjang khas untuk Kaum ADAM...
Saya tengok zaman sekarang kebanyakan kaum Adam mula meminati untuk menyimpan rambut yang panjang . Mungkin mood evolusi kot...Rambut admin stillpendek yeerrr... Lelaki yang memiliki rambut panjang bukan lagi fesyen luar biasa. Malah, lelaki yang memiliki rambut panjang dikatakan mampu menarik perhatian wanita yang gemarkan lelaki berjiwa rock. Berikut tip penjagaan rambut panjang supaya setiap kali ditiup angin, tidak ada bau yang menjadi punca wanita jauh dari anda!
TIP MENJAGA RAMBUT PANJANG
Basuh rambut setiap hari
Lelaki cenderung berpeluh dengan banyak berbanding wanita. Apabila anda berpeluh, potensi rambut berminyak dan mengeluarkan bau yang kurang menyenangkan boleh mengganggu hari anda. Anda disarankan membasuh rambut setiap hari untuk elak rambut berminyak, berbau dan menghasilkan kelemumur.
Elak gosok rambut basah dengan tuala
Sebaik saja anda membasahkan rambut, elak menggosok rambut basah dengan tuala kerana ia memudahkan rambut bercabang, mudah patah, tidak sihat dan kelihatan kering. Sebaiknya, biarkan rambut kering secara semulajadi dan lap dengan perlahan.
Elak rawatan bahan kimia pada rambut
Alat pelurus rambut bukan saja boleh membuatkan rambut lurus tetapi kering, tampak keras dan rapuh dan sukar untuk mengekalkan rambut yang lembut. Disebabkan itu, kebanyakan lelaki yang mahukan rambut lurus kelihatan kejung kerana pemakain bahan kimia yang keterlaluan.
Lakukan trim setiap enam minggu
Salah satu tip terbaik untuk mengekalkan kesihatan rambut adalah dengan membuang rambut yang telah rosak. Memotong hujung rambut membantu mengelak rambut dari terus bercabang. Jika anda ke salun rambut, minta tukang gunting hanya memotong hujung rambut yang telah rosak. Memotong rambut secara teratur akan membantu pertumbuhan rambut yang baik.
Elak ikat rambut terlalu ketat
Memakai topi yang ketat atau mengikat rambut dengan getah yang kuat akan menyebabkan masalah traction alopecia iaitu kehilangan rambut akibat tertarik akar rambut tanpa sedar ketika mengikat rambut. Untuk elak rambut tercabut, pakailah topi yang tidak terlalu ketat dan ikatlah rambut dengan getah yang lembut dan longgar.
Guna krim pelindung rambut
Pancaran matahari bukan saja boleh merosakkan kulit tetapi boleh merosakkan rambut jika anda terdedah di bawah panahan matahari terlalu lama. Sinar UVA dan UVB boleh merosakkan rambut dan melunturkan warna rambut anda dengan mudah. Oleh itu, bersedialah dengan krim rambut penghadang cahaya.
Pilih syampu dan perapi sesuai
Membasuh rambut tidak memadai jika anda tidak merawat rambut dengan keperluan vitamin. Ketika membasuh rambut, urut rambut anda dengan hujung jari dan bukannya gosok dengan kuku. Jangan lupa peranan perapi dan sebaiknya basuh perapi dengan air sejuk. Penggunaan air panas akan menyebabkan minyak perapi terpisah dari kulit kepala dan tidak dirawat dengan baik.
Biarpun anda tidak pandai menggayakan rambut panjang, sikat ke belakang atau sikat tengah sambil sedikit sentuhan berombak sudah cukup menarik asalkan rambut anda tidak berminyak dan berbau!
Sumber Majalah Maskulin...
Subscribe to:
Posts (Atom)